Motivasi kehidupan

Jumat, 10 Desember 2010

HADIAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK

Seri Motivasi belajar


Memberikan hadiah untuk meningkatkan motivasi belajar anak sering dilakukan oleh orang tua. Saya pun sering melakukannya dan hasilnya terlihat sih semangat belajar anak saya meningkat lumayan. Hadiah yang sederhana misalnya tas sekolah dengan gambar spiderman yang belum lama ini dia tonton di TV. Tasnya baru, eh jadi lebih rajin dan lebih pagi anak saya itu berangkat sekolahnya. Saya berusaha memberi hadiah yang memotivasinya agar semakin berprestasi tentunya.
Tapi kalo hadiah yang diberikan misalnya kaset Game baru, maka harus dikontrol tuh agar ngga main game melulu dan malah lupa belajar. Rencana awal beri hadiah untuk meningkatkan prestasi belajar anak, eh bisa jadi malah memang benar menaikkan motivasi main game, tetapi motivasi belajarnya yang menurun. Sekali waktu main game bareng untuk merayakan prestasi anak juga merupakan sesuatu yang menyenangkan.
Saya juga setuju kalo sekolah misalnya juga memberikan herikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.
Tapi kalo orang tua, mesti nunggu hadiah dulu baru timbul motivasi belajar untuk meningkatkan ekonomi keluarga, maka itu namanya orang tua yang masih perlu duduk lagi di bangku sekolah seperti anaknya, hehe..
Belajar kan sangat luas, ngga terbatas pada belajar seperti anak kita di sekolah. Anda sudah punya anak?. Internet Marketing, bisnis online, membuat website semuanya menjadi jauh lebih cepat hasilnya dengan motivasi belajar yang luar biasa besarnya.
Dalam suatu bidang yang mungkin menurut kita yang orang tua adalah baru, atau sesuatu yang belum kita kuasai benar, maka walaupun sudah tua ngga perlu malu jadi anak murid saja walaupun gurunya lebih muda. Nanti ketika kita orang tua jadi murid maka cobalah untuk CEPAT TERMOTIVASI walaupun ngga dapat hadiah seperti anak kita. Tetapi hadiahnya bisa jadi jauh lebih berharga, misalnya ketrampilan baru yang merupakan ASET untuk meningkatkan ekonomi keluarga.
Kalau Anda ingin memposisikan diri sebagai anak murid seperti diatas, maka Anda perlu cari Guru yang sekaligus motivator, agar Anda kena efeknya yang lebih dalam. Lebih jelasnya ada di artikel ini: Pengaruh Motivasi Belajar Guru Pada Siswanya
Setelah Anda berhasil mendapatkan pengetahuan dan sklill baru dari Guru yang saya maksudkan dalam artikel diatas, maka semoga nanti Anda semakin punya kemampuan untuk memberikan hadiah-hadiah terbaik untuk meningkatkan motivasi belajar anak Anda. Mungkin sebuah janji yang bisa dipercaya dan ditepati seperti hadiah liburan ke Disneyland dapat memicu anak agar motivasi belajar dan prestasinya meningkat dibandingkan dengan sekedar jalan-jalan keliling kota naik angkot, hehe..
Yes, tentunya hadiah yang dapat meningkatkan motivasi belajar anak adalah hadiah yang juga mereka senangi, ngga harus ke Disneyland saja. Semoga hadiah yang Anda berikan pada anak Anda berhasil meningkatkan motivasi belajar anak Anda, apapun bentuknya. Amiin.
Best Regards
Mufli

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar